Minggu, 28 April 2013

Sistem Informasi Geografis

 Sistem Informasi Geografis

Yuuuuk kita baca bersama diartikel ini..
 
Sistem Informasi Geografis adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database.


Teknologi Sistem Informasi Geografis dapat digunakan untuk investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya, perencanaan pembangunan, kartografi dan perencanaan rute. Misalnya, SIG bisa membantu perencana untuk secara cepat menghitung waktu tanggap darurat saat terjadi bencana alam.

Manfaat SIG di berbagai bidang

-Manajemen tata guna lahan 

-Inventarisasi sumber daya alam

-Untuk pengawasan daerah bencana alam

-Bagi perencanaan Wilayah dan Kota

 

Komponen Sistem Informasi Geografis 

Komponen-komponen pendukung SIG terdiri dari lima komponen yang bekerja secara terintegrasi yaitu :
perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), data, manusia, dan metode yang dapat diuraikan sebagai berikut:
Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat Keras SIG adalah perangkat -perangkat fisik yang merupakan bagian dari sistem komputer yang mendukung analisis geografis dan pemetaan . Prangakat keras SIG mempuntyai kemampuan untuk menyajikan citra dengan resolusi dan kecepatan yang tinggi  serta mendukung operasi operasi basis data dengan volume data yang besar secara cepat. Perangkat keras SIG terdiri dari beberapa bagian untuk menginput data, mengolah data, dan mencetak hasil proses .

 

 

 

 

 



 

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar